4 Minuman Pelancar Haid

4 Minuman Pelancar Haid

4 Minuman Pelancar Haid – Kelancaran haid adalah salah satu hal yang sangat penting untuk seorang wanita. Beberapa wanita kerap membeli minuman pelancar haid. Baik tujuannya untuk menghitung masa subur atau demi alasan kesehatan. Padahal, sebetulnya minuman ini bisa diolah sendiri dirumah.

4 Minuman Pelancar Haid

Haid tak lancar atau haid tak teratur merupakan masa menstruasi yang terjadi lebih lambat, lebih cepat atau bahkan terlambat sampai beberapa bulan. Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti pola hidup, penggunaan alat kontrasepsi, tiroid, kehamilan atau sindrom ovarium polikistik. Untuk menanganinya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Tetapi, ada juga olahan yang diyakini bisa membantu wanita menangani masalah haid yang tak lancar. Berikut ini merupakan berbagai macam bahan alami yang dapat Anda konsumsi sebagai minuman pelancar haid.

  • Jahe

Jahe dipercaya bisa menangani haid yang terlambat. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai minuman jahe atau dapat dicampur dengan teh. Minyak essensial jahe juga diyakini bisa melancarkan aliran serta sirkulasi darah sehingga mampu menjadi obat untuk otot yang lelah, sakit serta kram.

  • Kayu manis

Bukan hanya jahe yang mampu memberi efek hangat. Rupanya kayu manis juga mempunyai efek hangat yang diduga bisa membantu mengatur siklus haid. Hydroxychalcone yang terkandung didalamnya juga diyakini bisa mengatur insulin dalam tubuh sehingga haid jadi lebih teratur.  Anda dapat memasukkan ½ sendok teh kayu manis bubuk kedalam segelas susu atau teh.

  • Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda olah menjadi minuman pelancar haid yaitu kunyit. Kunyit bisa memberikan efek hangat sehingga mampu mengatur hormon dan menstruasi. Kunyit diduga bisa merangsang kelancaran haid. Anda bisa mengkonsumsi kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam air atau segelas susu.

  • Biji Wijen

Lignan yang terkandung pada biji wijen mampu mengikat hormon serta menyeimbangkan kadar hormon. Disamping itu, biji wijen juga mengandung asam lemak yang dipercaya mampu membantu memproduksi hormon.

Anda dapat memakan biji wijen secara langsung atau menumbuknya terlebih dulu sampai jadi bubuk. Sebelum mengonsumsi biji wijen, Anda bisa memanggangnya dulu untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat.

Meski diyakini bisa menangani masalah haid yang tak lancar, bahan bahan diatas masih membutuhkan lebih banyak penelitian. Bila haid yang tak lancar membuat Anda khawatir atau timbul gejala lain, coba untuk mengonsultasikan hal tersebut pada dokter supaya Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp