3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung

3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung – Jantung adalah suatu organ yang mempunyai peran cukup vital didalam tubuh. Karena itulah, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan organ ini. Saat ini masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung.

3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung

Padahal hal ini snagat penting dan harus di lakukan. Menjaga kesehatan jantungn sebenarnya sangat mudah, hanya dengan menjaga pola makan, berolahraga secara rutin,  dan melakukan beberapa gerakan senam jantung sehat, atau mengkonsumsi ramuan herbal.

Semua orang tentu ingin memiliki jantung yang sehat. Berikut kami akan memberikan ulasan tentang 3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung :

3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung

  • Optimis

Seseorang yang memunyai sifat optimis memiliki resiko yang rendah untuk terkena penyakit jantung, khususnya pada jenis orang dengan riwayat penyakit jantung di keluarganya. Orang dengan kepribadian yang selalu optimis dan ceria,  akan terhindar dari stres dengan begitu kondisi kesehatan jantung akan stabil.

  • Teh

Teh hitam ataupun teh putih jika rutin dikonsumsi akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena jika, kolesterol dalam tubuh tinggi akan menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah menuju jantung. Kondisi ini akan menghambat aliran darah yang masuk kedalam jantung, sehingga akan terjadi gangguan jantung yang lebih serius.

Untuk menghindari kondisi seperti ini, minumlah teh yang Anda seduh sendiri, bukan yang dari kemasan, supaya mendapatkan manfaat secara maksimal. Karena dengan rutin mengkonsumsi teh, kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun dan pembuluh darah akan kembali pulih.

  • Magnesium

Mineral ini mempunyai fungsi penting dalam membantu menjaga kesehatan jantung. Sekitar 200 mg pada setiap harinya dapat menurunkan resiko penyakit jantung sampai 22%. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung magnesium seperti pada gandum, kacang, dan juga sayuran hijau setiap hari supaya jantung sehat.

Selain dengan melakukan 3 hal di atas, anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung :

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

  1. Faktor usia dan jenis kelamin, Pria dibawah usia 50 tahun lebih beresiko terkena gangguan jantung jika dibandingkan wanita pada kusia yang sama.
  2. Faktor keturunan, Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa penyakit jantung bisa timbul dari faktor genetik atau keturunan. Jadi penyakit atau gangguan jantung bisa diturunkan orang tua kepada anaknya.
  3. Penyakit diabetes, Orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, mempunyai resiko yang tinggi untuk terkena penyakit jantung.
  4. Karena merokok, Menurut penelitian perokok aktif dan bukan perokok, memiliki resiko yang sama terserang penyakit jantung. Bahkan orang yang tidak pernah merokok tetapi tinggal diantara para perokok aktif mempunyai resiko lebih besar terkena penyakit jantung.
  5. Berat badan berlebih (obesitas), Seorang penderita obesitas mempunyai lemak yang berlebihan dalam tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Karena lemak berlebih di dalam tubuh akan menghambat aliran darah, dan menyebabkan serangan jantung.
  6. Tekanan darah tinggi (hypertensi), Tekanan darah yang tinggi akan mengakibatkan terhambatnya aliran darah, inilah yang kemudian mengakibatkan resiko serangan jantung semakin tinggi.
  7. Kurang olahraga, Orang yang kurang bergerak mempunyai resiko serangan jantung lebih tinggi. Karena saat orang tersebut melakukan aktivitas yang cukup berat kemungkinan serangan jantung akan terjadi
  8. Stress Berlebihan (tekanan emosi), Stress dan tekanan berat yang dialami seseorang dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri, kondisi inilah yang akan menimbulkan resiko serangan jantung.

Post by : Berita Harian

3 Hal Baik Untuk Kesehatan Jantung

Updated: 08/12/2016 — 12:29 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme