3 Bahaya Konsumsi Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

3 Bahaya Konsumsi Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

3 Bahaya Konsumsi Jengkol Bagi Penderita Asam Urat – Jengkol merupakan salah satu makanan yang memiliki bau yang cukup khas. Jenis makanan yang satu ini cukup banyak digemari, tapi ada juga yang tidak menyukai lantaran baunya tersebut.

3 Bahaya Konsumsi Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Jengkol mengandung nutrisi dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menggantikan sel tubuh yang telah rusak. Selain itu, jengkol juga mengandung zat besi yang bagus untuk pembentukan hemoglobin.

Namun ternyata, dibalik manfaatnya tersebut jengkol memiliki beberapa bahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Maka bagi Anda yang mempunyai penyakit asam urat, ada baiknya menghindari makanan ini. Karena jika tidak, 3 bahaya konsumsi jengkol ini bisa Anda alami

1. Jengkol mengandung zat purin

Penderita asam urat dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin karena purinlah yang akan membuat asam urat dalam tubuh naik. Nah, jadi jika asupan purin yang berasal dari luar tubuh ini tidak dibatasi maka akan sebabkan asam urat dalam tubuh Anda meningkat.

2. Mempercepat pengkristalan asam urat

Mengonsumsi jengkol juga bisa mempercepat adanya pengkristalan asam urat di dalam tubuh. Bila pengkristalan semakin cepat maka penyaluran oleh darah ke area persendian juga akan makin cepat dan makin menumpuk.

3. Mempercepat peradangan asam urat

Bila pengkristalan asam urat makin cepat, maka peradangan di persendian pun akan makin cepat pula. Dengan begitu, bila kondisi tersebut terus saja berlangsung tanpa ada pengobatan khusus maka akan muncul beberapa gejala asam urat seperi nyeri, panas dan kemerahan pada persendian.

Bahkan jika kondisi sudah parah, persendian bisa membengkak dan akan sangat sulit untuk digerakan. Jika sudah begitu Anda akan merasa sangat terganggu ketika melakukan aktivitas, karena umumnya gejala asam urat akan muncul secara tiba-tiba.

Nah berdasarkan bahaya di atas, sudah sangat jelas bahwa jengkol adalah salah satu makanan yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat. Semoga informasinya bisa bermanfaat, salam sehat untuk semua!

Posted by Berita Harianmu

Updated: 31/01/2018 — 10:01 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme
Chat Via WhatsApp