10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi – Asam urat adalah jenis rematik sendi yang sangat dipengaruhi oleh pola makan. Asam urat terjadi akibat tubuh kelebihan zat yang bernama purin. Purin tersebut seharusnya dikeluarkan dibuang melalui urin.

10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Namun akibat purin terlalu banyak, ginjal tidak bisa menyaringnya. Maka sisa yang tidak terbuang tersebut menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga akibatkan peradangan akut. Semakin tinggi pemasukan zat purin, maka semakin tinggi juga produksi asam urat.

Kenapa pemasukan zat purin meningkat? Lantaran seseorang sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Oleh sebab itu, penderita asam urat sangat disarankan mengonsumsi makanan yang rendah purin. Berikut adalah makanan yang bisa dimakan penderita asam urat.

  • Gurame

Ikan gurame termasuk makanan yang rendah purin sehingga boleh dikonsumsi penderita asam urat. Anda dapat menjadikan ikan gurame sebagai menu diet rendah purin untuk mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh.

  • Ikan salmon

Omega 3 yang ada di dalam ikan salmon dipercaya bisa mengurangi peradangan pada sendi akibat asam urat. Ikan salmon juga termasuk makanan yang mengandung purin rendah tapi tetap harus dikonsumsi secara terbatas.

  • Ikan mas

Ikan mas juga boleh dikonsumsi penderita asam urat karena kandungan purinnya cukup rendah. Anda dapat memasaknya dengan berbagai menu sesuai selera Anda.

  • Wortel

Selain terkenal dapat menyembuhkan mata minus, ternyata wortel juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat lantaran memiliki sifat yang bisa menyembuhkan. Anda bisa menjadikan wortel sebagai jus atau Anda bisa mengolah wortel menjadi sup.

  • Labu kuning

Labu kuning mengandung berbagai vitamin dan mineral, kalium, potasium dan juga serat yang bisa menyeimbangkan asupan gizi penderita asam urat.

  • Pare

Pare mengandung flavonoid yang dapat bertindak sebagai analgetik dan antipiretik yang bisa kurangi prostaglandin oleh asam arakidonat sehingga bisa kurangi rasa nyeri akibat asam urat. Jadi meski rasanya pahit, ternyata dapat menyembuhkan asam urat.

  • Belimbing wuluh

Sering dijadikan pelengkap sayur, ternyata belimbing wuluh bisa dijadikan sebagai obat tradisional penyembuh asam urat. Nah berarti belimbing wuluh boleh dikonsumsi penderita asam urat.

  • Cokelat hitam

Cokelat memiliki kandungan theobromine yaitu sejenis xanthine dan metilxantine yang struktur kimianya hampir mirip dengan kafein. Xanthine pada cokelat tidak mempunyai hubungan dengan metabolisme purin dalam tubuh sehingga tidak akan memunculkan kekambuhan bagi para penderita asam urat.

Flavonoid dan prosianidin pada cokelat juga bisa bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang mampu kurangi peradangan asam urat. Disamping itu, cokelat juga mengandung epikatekin yang bisa menangkal radikal bebas.

  • Oats

Oats atau oatmeal merupakan biji-bijian yang diperkaya vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Penderita asam urat yang konsumsi oats setiap hari ternyata bisa mempercepat pembuangan zat purin melalui urin serta keringat.

  • Telur

Telur mengandung zat lesitin yang cukup bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat. Zat lesitin pada telur mengandung lutein yang bisa berfungsi sebagai antioksidan serta penetralisir kadar asam urat dalam tubuh.

Nah itulah 10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi. Umumnya, makanan yang diperbolehkan dikonsumsi penderita asam urat adalah makanan berpurin rendah. Karena itu, makanan yang mengandung purin tinggi harus Anda hindari. Namun, makanan berlemak juga harus dihindari karena  lemak bisa menghambat pembuangan kadar asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp